Beberapa PERALTAN BAKERY5 KATEGORI PERALATAN UNTUK BAKERY YANG HARUS ANDA KETAHUI

Peralatan yang digunakan dalam proses pembuatan roti sangat bervariasi dengan range sangat luas dari peralatan berat (heavy equipment), peralatan kecil dan peralatan pembantu. Keberhasilan dalam membuat roti sangat tergantung kemampuan kita dalam memahami, menggunakan dan mengoperasikan alat-alat yang di gunakan dalam proses pembuatan roti, sehingga kita akan dapat menggunakan alat secara efisien, lebih cepat dan lebih ekonomis serta mencegah kecelakanaan kerja yang diakibatkan kesalahan manusia (human error). Untuk bakery skala kecil baik skala rumah tangga , Industri rumah tangga dan modern bakery akan menggunakan alat-alat yang bersifat manual (hand work) namun untuk Industri roti skala besar lebih bersifat khusus dengan pengoperasian mesin-mesin yang lebih rumit dan membutuhkan kemampuan teknis tingkat tinggi. Menurut (Pyler, 1974) tipe peralatan yang di gunakan untuk Industri roti di klasifikasikan berdasar fungsinya adalah;

I. Ingridient handling equipment

Yaitu alat-alat yang di gunakan untuk penanganan bahan baku seperti : timbangan, pengayak (sifter), flour bin (penyimpan tepung), penyimpan bahan-bahan, mangkuk (bowl) dan lain sebagainya.

II. Dough handling equipment
Yaitu : alat-alat yang digunakan untuk penanganan adonan terutama yang berhubungan dengan pembuatan, pembentukan dan penempatan adonan seperti : mixer, pemotong adonan, pembagi adonan, pembentuk adonan (moulder), pembulat adonan (rounder) dan loyang adonan.

III. Baking equipment
Yaitu : alat-alat yang di gunakan dalam pemanggangan adonan
Seperti : oven, loader dan unloader

IV. Bread handling equipment
Yaitu alat-alat yang di gunakan untuk penanganan roti yang sudah jadi seperti : pemotong roti (bread slicer), rak pendingin, konveyor roti, pengemas roti dan lain-lain.

V. Miscellaneous equipment
Yaitu: alat-alat yang di gunakan untuk mendukung kelengkapan proses produksi seperti: refrigerator, blender, termometer, pencuci loyang, meja kerja, tangki dan lain-lain.

Penjelasan lebih lanjut untuk alat-alat pembuatan roti ada di buku a-z bakery