Coaching merupakan istilah yang banyak di pahami oleh khalayak seperti pengarahan (direction), training ataupun mentoring. Definisi coaching menurut International Coach Federation (ICF) adalah sebuah hubungan kemitraan Individu antara coach dan coachee melalui proses kreatif untuk memaksimalkan potensi personal maupun profesional coahee. Jadi ada sebuah proses pemberdayaan dari kondisi sekarang untuk menjadi (“BE”) kondisi yang lebih baik pada masa yang akan datang.

Bagi para bisnis owner banyak di jumpai mereka yang merasa mentok dan tidak tahu apa yang seharusnya di lakukan guna mengatasi permasalahan bisnis yang di hadapi, bahkan terkadang ada persoalan pribadi yang sangat mempengaruhi kinerja usahanya. Pada level UMKM masih banyak personifikasi manajemen yang identik dengan personifikasi pemilik (owner), sehingga sering kali permasalahan dalam sebuah usaha sangat di pengaruhi oleh persoalan pribadi yang di alami oleh pemiliknya.

Untuk itu salah satu upaya yang bisa membantu proses pemberdayaan tersebut dapat di lakukan melalui proses coaching. Saat ini kami menangani clients untuk kepentingan pemberdayaan, maka sebagai business coach sering kali kita harus berubah-ubah peran, terkadang sebagai Mentor, Consultant dan juga seorang trainer.

Khusus untuk client UMKM maka terkadang dengan keterbatasan informasi dan knowledge yang dimiliki para Pelaku usaha UMKM, guna memaksimalkan proses pemberdayaan dalam lingkup usaha bakery maka berbagai metode harus di gunakan untuk membantu memperoleh result yang di harapkan. Seorang Coach selain harus berbekal pengalaman dalam business, juga harus memiliki Credential dari sebuah Institusi Profesional Coach.

Apakah bisa usaha bakery dapat di tingkatkan performance usahanya melalui Coaching?

Pada kondisis tertentu, saat seorang  owner merasa usahanya stagnan atau mandeg , seorang pengusaha membutuhkan mitra yang memiliki kemampuan dalam membantu mengatasi hambatan, mengajak serta mengeksplore untuk berfikir kreatif, mitra dalam berbagi teknik-teknik praktis dalam usaha, sekaligus membangun sistem usaha yang komprehensif (menyeluruh).

Mitra tersebut seringkali di sebut dengan istilah Coach atau Pelatih ataupun sering ada yang menyebut sebagai pendamping  usaha (Business Coach).

Pada prinsipnya seorang Coach memiliki kapabilitas untuk menjadi mitra strategis bagi para bisnis owner ataupun entrepreneur mendampingi dalam perjalanan mengembangkan usahanya.

Berdasar definisi dari ICF (international Coach federation), definisi Coaching adalah :

Hubungan kemitraan dengan individu yang di bangun dalam suasana produktif dan kreatif untuk memaksimalkan potensi personal dan profesional dirinya.

Dalam dunia entrepreneurship, proses Coaching ini diartikan sebagai kemitraan antara Coach dan Entrepreneur/Pengusaha/Bisnis Owner yang di jalankan dalam suasana keterbukaan untuk menggali ide dan berbagi pengetahuan dengan tujuan untuk mengembangkan serta memaksimalkan potensi bisnis entrepreneur/Pengusaha/bisnis Owner.

Dengan melihat definisi dan pengalaman Kami dalam membantu Clients kami dalam memajukan usaha mereka, maka proses pemberdayaan untuk meningkatkan performance usaha bakery dapat juga di lakukan melalui proses coaching.

Namun pada kasus-kasus tertentu untuk hal-hal yang bersifat teknis dan memerlukan informasi dan pengetahuan  yang lebih mendalam tentang prosesing, QC ataupun hal yang berhubungan adonan, maka harus di lakukan kombinasi dengan metode lainnya.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang coaching dan ingin memperoleh gambaran tentang Coaching dalam dunia Bakery silahkan KLIK DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.