Banyak Pertanyaan yang sering di kali di sampaikan tentang bagaimana cara membuat roti agar rotinya bisa mengembang alias tidak bantat. Memang proses pembuatan roti memerlukan beberapa tehnik yang harus selalu di perhatikan.

Berikut beberapa hal untuk menanggulangi berbagai kesalahan dalam proses pembuatan roti  maka hal-hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut sebagai Tips dalam mempertahankan proses produksi roti adalah;

  1. Gunakan resep yang memiliki keseimbangan antar bahan baku atau ingridients dengan tepat (balanced formula)

  2. Gunakan air dingin untuk wilayah pembuatan di daerah ropis dengan temperatur yang tepat, agar suhu akhir adonan (final dough temperature) dapat terjadi pada kisaran suhu yang semestinya (25 – 28°C).

  3. Proses pengadukan dengan tingkat kalis yang tepat sehingga adonan dapat mengembang dengan optimal.

  4. Lakukan intermediate time atau resting time dengan lama waktu yang tepat atau cukup berkisar antara (5 – 10 menit).

  5. Lakukan secara bertahap dan tepat tiap tahapan proses seperti proses penimbangan (scaling), pembentukan (moulding), Fermentasi akhir (final proofing), pemanggangan (baking) dengan temperatur dan lama waktu  yang tepat.

Strategi umum yang harus di lakukan adalah buat Standard Operting Prosedure yang benar dan lakukan secara ketat sesuai dengan fasilitas dan infrastruktur yang di miliki. Training seluruh operator yang terlibat dalam proses produksi sehingga mereka dapat memahami setiap instruksi yang tertulis dan menjalankannya dengan disiplin yang ketat  dalam tiap SOP yang di buat. Lengkapi dengan peralatan pendukung yang dapat meminalkan kesalahan dalam proses produksi seperti timer, timbangan adonan, RH meter untuk mengukur kelembaban udara dalam proofer box , temperatur adonan (dough thermometer) dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkap memperoleh berbagai tips dalam membuat roti silahkan baca BUKU A-ZBAKERY atau kunjungi silahkan ke Website usahabakery.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *