Pastry bisa digolongkan dari bentuknya. Pastries berarti kue-kue kecil, maka kue-kue berukuran kecil seperti kue tart potong, pie, dan quiches juga disebut dengan istilah pastry. Pengertian lain yang berhubungan dengan pastry adalah dari adonan pembuatnya (pastry dough), yaitu pastry yang terbuat dari adonan roll-in fat (lapisan lemak) atau laminated dough (adonan yang berlipat-lipat tipis) dengan teksturnya yang berlapis-lapis.

 

Perbedaan mendasar antara produk pastry dan roti adalah kandungan lemaknya. Produk pastry terbuat dari bahan dengan kandungan lemak yang tinggi sehingga mempunyai tekstur yang flaky (beremah dan berlapis-lapis).

 

Berdasar dari asal katanya, pastry identik dengan kata paste (adonan cair yang berbentuk padat) sehingga banyak produk-produk pastry yang mengambil definisi ini terbuat dari adonan tersebut, seperti choux, tart, dan quiches.Untuk pengetahuan lain klik www.usahabakery.com 

 

Dilihat dari kondisi adonannya, secara garis besar pastry terbagi menjadi tiga golongan, yaitu paste atau pastry cair (tepatnya berbentuk pasta padat), puff pastry (berlipat), dan short pastry. Mari kita bahas satu persatu sebagaimana berikut.

 

A. Paste atau Pastry Cair

 

Pastry jenis ini terbuat dari campuran terigu, lemak, dan telur yang melalui dua kali proses pembuatan, yaitu proses pemasakan (cooking) dan proses pemanggangan (baking).

Produk yang termasuk dalam golongan paste adalah choux pastry atau kue sus dan eclair. Jenis Pastry ini paling mudah di buat dengan menggunakan pengaduk tangan atau hand mikser yang diikuti dengan proses pemanggangan. Ingin melihat lebih jelas teknik pembuatan, resep eclair dan cara perhitungan resep untuk produk tersebut, semua telah tersaji dalam buku Pastrypreneur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *