analisausahadan-biayarziseProses produksi roti sebagai bagian dari usaha pembuatan roti, sebenarnya merupakan pengelolalaan (operation) pabrik, termasuk di dalamnya pemrosesan bahan baku menjadi bahan jadi seperti proses pembuatan roti, cake, pastry dan proses pembuatan variasi produk lainnya.

Usaha pembuatan roti merupakan bisnis yang sangat menguntungkan jika dikelola dengan manajemen yang profesional dan baik. Besar kecilnya investasi yang di keluarkan tergantung dari ukuran perusahaan yang akan didirikan.

Apabila kita melihat usaha di bidang bakery di lihat dari skala yang berhubungan dengan industry, maka skala usaha bakery dapat dimulai dari skala rumah tangga (home industry), supermarket, hotel, cafe hingga Industry roti dengan skala pabrikasi (manufacture).

Untuk menjelaskan struktur biaya dalam investasi roti telah di rangkum secara mendetail dalam buku A- Z Bakery.

Lalu sebenarnya bagaimana cara memulainya dengan kapasitas investasi yang di miliki?

Secara garis besar usaha Bakery di Indonesia dapat di klasifikasikan dengan 3 kategori yaitu : Bakery Manufacturing yang melibatkan penggunaan sarana dan prasarana produksi yang fully automatic atau dengan mesin yang otomatis, modern Bakery dan Small Medium Enterprise atau UMKM atau lebih sering di kenal dengan home Industry.

Jadi tinggal sekmen mana yang akan di ambil sebagai langkah awal untuk memulainya dalam usaha bakery yang akan anda tuju.

Bagi sebagian kita mungkin masih melihat bahwa usaha Bakery identik dengan usaha roti, namun sebenarnya sewaktu kita melihat usaha bakery secara keseluruhan termasuk di dalamnya ada usaha pembuatan aneka cake, Pastry dan Cookies. J

ika dari negara asalnya dalam usaha Bakery termasuk di dalamnya adalah home made ice cream, candies, maccaroon dan bahkan ada yang di tambahkan produk kopi sebagai pelengkap dalam gerainya.

Jelas di sini kita akan bisa membaca seberapa LUAS definisi anda tentang usaha bakery YANG AKAN DI BANGUN dan dari produk apa yang anda memulainya, akan sangat menentukan keseluruhan modal yang diinvestasikan.

Ingin belajar bagaimana cara usaha roti anda juga bisa berkunjung www.usahabakery.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *