gambar-pekerja-lengkap02Dalam berbagai aspek kehidupan kita, terutama yang bersangkutan dengan aspek kesehatan, masalah kebersihan dan sanitasi memegang peranan yang sangat penting. Berbagai masalah yang berhubungan dengan kontaminasi pangan dan infeksi yang di sebabkan oleh mikroba akan mudah diatasi dan di pecahkan jika masalah sanitasi dan kebersihan di tingkatkan. Sebagai bagian dari proses peningkatan kebersihan dan sanitasi dalam industri pangan pada umumnya ada program yang harus di jalankan guna peningkatan kesadaran tersebut. Program ini di kenal dengan nama GMP atau di Indonesia lebih di kenal dengan istilah Cara Produksi Makanan yang Baik (CPMB). GMP atau Good Manufacturing Practices adalah suatu proses produksi pangan yang baik dan benar sehingga menghasilkan produk pangan yang aman di konsumsi dan terhindar dari kontaminasi. Kontaminsai yang timbul dapat berupa kontaminasi yang berasal dari partikel benda asing seperti kayu, kaca , pecahan gelas atau kontaminasi biologis berupa kontaminasi mikroba. Dalam pengertian Industri pangan cakupan GMP sangat luas dengan berbagai cara dan program sehingga seluruh insan yang berhubungan dalam produksi pangan memiliki pola pikir, pengetahuan dan sikap untuk mengolah atau menghasilkan produk pangan yang baik, sehat dan aman untuk di konsumsi. Dengan semakin berkembangnya Industry bakery di Indonesia akhir-akhir ini dan semakin sadarnya pelanggan akan makanan yang sehat, bergizi dan enak, maka tuntunan untuk memenuhi standard tersebut merupakan sebuah keharusan yang harus diikuti oleh para pelaku usaha produk-produk bakery. GMP merupakan prasyarat dasar dan program umum bagi industri pangan termasuk industri bakery untuk menghasilkan produk bermutu dan aman secara konsisten. Namun sayangnya belum sadarnya para pelaku usaha di bidang ini mengakibatkan belum terpenuhinya standard produk bakery yang aman dan sehat bagi konsumennya, sehingga sering kali di jumpai kualitas produk bakery yang di hasilkan masih kurang memperhatikan aspek tersebut. Hal ini pada umumnya di sebabkan rendahnya pengetahuan di bidang kebersihan dan kesehatan pangan para pelaku usaha baik di tingkat manajemen maupun pada tingkat operator lapangan terutama di tingkat karyawan produksi, yang tercermin dari kurangnya kewaspadaan pada perilaku sehari-hari yang kurang sehat dan bersih.

Keuntungan yang yang di peroleh bagi Industry bakery yang menerapkan GMP adalah sebagaimana berikut :

1. Konsumen yakin dan percaya bahwa produk yang di konsumsi telah memenuhi kriteria aman dan sehat untuk dikonsumsi.
2. Mengurangi pemborosan akibat terjadinya retur produk sebelum umur simpan produk yang sudah rusak sebelum masa kadaluwarsanya.
3. Memberikan kepercayaan kepada pelaku usaha bakery dalam menjalankan proses produksinya
4. Program GMP dapat di terapkan dalam keseluruhan rantai produksi dari bahan baku hingga produk akhir.

Program Good Manufacturing practicess atau GMP cakupannya cukup luas yaitu meliputi : Pekerja, bangunan dan Fasilitas, peralatan dan pengolahan proses produksi. Untuk mengetahui secara mendetail prinsip-prinsip dasar dalam Kebersihan tempat Kerja silahkan baca DI BUKU A-ZBAKERY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *