poundcake03Cake pisang merupakan jenis cake yang banyak kita temui di berbagai bakery di Indonesia. Jenis Cake ini bisa di katakan cake mainstream yang harus selalu ada di gerai bakery. Olahan cake yang menggunakan pisang sebagai bahan baku utama , tiada habis-habisnya untuk selalu di ekspose dan diaplikasikan di berbagai jenis cake dengan tambahan berbagai macam campuran dengan bahan lain seperti coklat, keju, kismis, vanila, madu bahkan rasa original. Ide menggunakan Pisang sebagai bahan utama dalamCake sepertinya tiada habisnya dan kita masih dapat mengekplore dengan berbagai aneka rasa jenis pisang yang memang sangat melimpah di sekitar kita ataupun di kombinasikan dengan cita rasa lainnya. Tahukah Anda asal usul cake pisang ini?

Cake Pisang atau Banana Cake merupakan jenis cake yang dikembangkan dari resep Pound Cake bertekstur padat. Sejarah resep Cake Pisang muncul sejak terbitnya Pillsbury’s Balanced Recipe (1933) oleh Mary Ellis Ames di Amerika Serikat yang mencantumkan resep roti pisang.

Perkembangan resep Banana Cake yang dimodifikasi dari resep banana bread dimulai pada tahun 60-an saat home baking yang booming dengan diperkenalkannya bahan baku baru seperti buah-buahan dan kacang-kacangan.Di Indonesia resep Cake Pisang banyak dikembangkan dari resep pound cake, namun dengan tekstur yang tidak terlampau padat dan remah cake yang basah (moist). Untuk membuat Cake Pisang yang beraroma khas pisang yang kuat dapat digunakan pisang ambon dengan tingkat kematangan optimal atau pisang ambon dengan kematangan yang sedikit berlebih atau over rippening.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *