browmies004Banyak dari kita yang baru pertama kali mendengar kata “MOCAF”. Apa sebenarnya Mocaf dan bagaimana bisa di gunakan sebagai salah satu jenis tepung yang dapat menggantikan tepung terigu? Mocaf merupakan tepung ubi kayu yang telah dimodifikasi. Ubi kayu atau singkong pertama kali dikenal di Amerika selatan kemudian dibudidayakan pada masa prasejarah di Brasil dan Paraguay. Namun, bukti-bukti arkeologis membuktikan budidaya singkong justru banyak ditemukan dalam kebudayaan Indian Maya, tepatnya di Mesiko dan El Salvador.

Singkong ditanam secara komersil di Indonesia pada tahun 1810, yang sebelumnya diperkenalkan di Maluku oleh Penjajah Portugis pada abad ke-16 dari Brasil. Selanjutnya menyebar di daerah jawa pada tahun 1852. Pada tahun 1875 konsumsi singkong sangat rendah namun memasuki adad ke-20 konsumsinya mulai meningkat pesat, begitu pula lahan budidayanya juga makin luas.

Di Era globalisasi saat ini, produk pangan lokal seperti “Singkong” kurang di minati, bahkan terkesan dihindari oleh empunya. Banyak anggapan memakan singkong sangat tidak “kekinian”, dan kurang bergengsi, dengan memandang pangan luar lebih kaya dari pangan bangsa sendiri.

Seiring dengan perkembangan Teknologi Pangan di Indonesia, muncullah Modified cassava flour atau MOCAF sebagai tepung anti gluten yang aman dikonsumsi oleh seseorang yang alergi terhadap gluten. Mocaf juga kaya serat yang bagus untuk pencernaan karena dalam pembuatanya melalui proses fermentasi. Tepung ini dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam olahan pangan khususnya produk bakery. Berbagai Macam aplikasi produk Bakery dapat menggunakan Mocaf, tentunya dengan prosentase penambahan yang bervariasi dari tiap produk yang di buat. Mulai dari produk roti, cake, pastry dan biscuit. Mengingat dalam Mocaf TIDAK MENGANDUNG GLUTEN yang dapat membentuk struktur produk rerotian, maka harus di pilih produk bakery yang dalam aplikasiknya kurang membutuhkan proses pembentukan volume dan tidak melalui proses fermentasi, agar produk akhir tidak bantat alias tetap bisa mengembang.

Salah satu produk yang paling bisa di buat dengan Tepung Mocaf yaitu produk Brownies. Brownis mocaf, walaupun belum populer sebagaimana brownies pada umumnya namun Brownies mocaf sudah mulai memiliki tempat di hati pelanggan. Seperti yang diketahui dalam pembuatan brownies tidak memerlukan banyak proses pengembangan, sehingga dalam penggunaannya Mocaf dapat menggantikan Tepung Terigu dalam jumlah besar. Mocaf memiliki karakteristik yang hampir sama dengan terigu berprotein rendah (soft wheat) yang merupakan bahan baku Brownies. Ingin mencoba Brownies Singkong dari Mocaf ? Ikuti ulasan berikutnya.

Artikel di atas merupakan kontribusi Guest Blogger ; Iim Dewi, Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Semester 6, Instiper Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *