L.Muffin Dark ChocSHAREMuffin adalah kue yang berbentuk menyerupai roti atau dikenal dengan Quick Bread karena proses pembuatannya yang memang sangat sederhana dan singkat.

 

Kata “muffin” secara asal-usul kata berasal dari kata “muffle” yang merupakan turunan dari cake yang berasal dari Jerman,

namun ada sumber lain yang   mengatakan bahwa muffin berasal dari bahasa Perancis “moufflet” yang berarti roti yang bertekstur lembut.

Awalnya keberadaan muffin sebagai bagian dari cake biasa dibuat pada musim dingin yang disajikan bersamaan dengan kopi panas ataupun teh panas. Proses pembuatan muffin yang sangat mudah dan cepat menjadikan Muffin banyak dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi atau breakfast.
Pada awalnya, resep muffin dibuat dengan penambahan berbagai biji-bijian kering dan kacang-kacangan. Seiring perkembangan zaman, muffin dibuat dengan menggunakan penambahan berbagai bahan tambahan sebagai pembentuk rasa, sehingga banyak dikenal muffin dengan rasa blueberry, strawberry, pisang dan bahkan ada yang ditambahkan berbagai sayuran.

Jenis muffin yang berkembang di dunia saat ini merupakan jenis atau tipe muffin yang berasal dari Inggris dan Amerika. Perbedaan utama muffin tipe Inggris dan Amerika adalah penggunaan yeast sebagai pengembang (leavening). Muffin tipe Inggris dibuat dengan menggunakan yeast sebagai bahan pengembang seperti pembuatan roti, namun dengan waktu yang lebih singkat, sehingga dikenal dengan istilah (quick bread) karena proses pembuatannya yang tidak memerlukan waktu lama untuk mengaduk, mengistirahatkan adonan (resting) dan mengembangkan adonan (fermentation).

Sedangkan muffin tipe Amerika (American style) adalah jenis muffin yang terbuat dari adonan cake (batter) dengan pengembang yang berasal dari bahan pengembang kimia (leavening agent) baik berupa baking powder atau soda kue dan tanpa menggunakan yeast, serta dibakar dengan menggunakan loyang individual besar atau berbentuk bar. Untuk membedakan dengan jenis cake yang lain, muffin disajikan tanpa menggunakan dekorasi seperti butter cream atau frosting namun hanya cukup menggunakan filling atau isian yang dicampur dalam adonannya.

Di Indonesia jenis muffin yang banyak digemari adalah muffin dengan tekstur yang tidak terlalu padat atau tekstur yang beremah (crumbly), basah (moist) dengan rasa manis yang tidak terlalu berlebihan. Kombinasi rasa yang paling banyak digemari adalah cita rasa coklat, blueberry dan strawberry dengan taburan streusel untuk memberikan kesan beremah dan renyah di permukaan atasnya.
Saat ini juga sudah mulai banyak dikembangkan muffin dengan citarasa gurih atau savory dengan penambahan bahan-bahan seperti keju, sayuran kering dengan kombinasi daging-dagingan seperti smoke beef atau tuna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *