aneka roti manisBerapa Potensi Usaha Bakery di Indonesia ?

Banyak informasi yang di sampaikan di berbagai media yang mengatakan bahwa pertumbuhan kelas menengah di Indonesia sangat besar. Pertumbuhan kelas menengah yang memiliki daya beli yang besar ini sangat berpengaruh dengan pola konsumsi makanan di Indonesia. Tren yang paling besar terlihat dari perubahan pola konsumsi ini, kenyataan bahwa Roti telah menjadi alterrnatif makanan kedua setelah beras atau nasi.

Melihat perubahan pola makan ini, maka sebuah peluang besar di Industri Bakery yang dapat kita ambil sebagai sebuah usaha. Pertanyaan yang sering muncul adalah seberapa besar prospek Industry Bakery di Indonnesia?

Berdasar data yang di sampaikan Asosiasi Pengusaha Bakery (Apebi) dalam Majalah Food Reeview Vol 7 tahun 2013, bahwa pertumbuhan bakery antara tahun 2011 – 2012 berrkisar antara 10% – 15% dengan estimasi angka 27 T pada tahun 2012. Segmen roti terbesar adalah jenis roti yang lembut dan fresh (segar) dengan kadar gula tinggi. Jenis yang terbesar yang paling di sukai adalah roti manis dengan berbagai variasi isian. Jenis kedua yang paling di gemari dan hampir tiap bakery menjual produk tersebut adalah roti tawar.

Dari data tahun 2011 tersebut tren pertumbuhan Bakery di Indonessia masih pada kisaran antara 10 – 15 % pertahunnya. Guna memenangkan persaingan dalam industri bakery sekaligus tetap membangun loyalitas pelanggan, maka hal yang dapat dilakukan para pengusaha adalah sebagaimana berikut ;

1. Melakukan Inovasi produk dengan menggunakan bahan baku lokal
2. Meningkatkan pemasaran dengan jalur tradisional dan membuka pemasaran jalur digital dengan menggunakan sosial media agar lebih di kenal pada sekmen pasar yang di tuju.
3. Memperbaiki kemasan dengan tampilan yang lebih modern dan higienies dengan pembungkus yang disesuaikan dengan sekmen pasarnya.
4. Melakukan Brand positioning (menempatkan brand sesuai karakter dan pangsa pasar produk)

banner_Talkshow_Radio_M_Husin_Syarbini_1_revisi[1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *