Fusion FoodFUSION FOOD SENSASI BARU DI DUNIA KULINER

Pernahkan kita mendengar Double Black Pepper Beef Burger ataupun mungkin Prosperity Burger dari Mac Donald ? Terdengar aneh mungkin di telinga kita, namun sejatinya kedua makanan tersebut merupakan kombinasi Burger yang secara historis berasal dari America dan XO Beef Black Pepper yang merupakan masakan khas Cina.

Kita hidup di dunia yang semakin hari terasa semakin menyempit dengan batas antar negara atau benua yang makin dekat. Begitu halnya dengan lidah kita, yang sering kali akan saling mempengaruhi ataupun di pengaruhi dari berbagai makanan yang berasal dari belahaan dunia lain. Saat ini Kita dapat menikmati makanan yang berasal dari kombinasi makanan yang berasal dari berbagai negara, yang mungkin belum pernah terjadi pada masa orang tua kita dahulu.

Merupakan sebuah hal yang sudah umum di dunia memasak dalam mencampur ataupun memadukan berbagai jenis makanan pada era sekarang ini, seperti dalam contoh variasi Burger diatas. Fusion food merupakan sebuah ide mengkombinasikan berbagai jenis makanan yang berasal dari gaya hidup yang mulai tumbuh pada akhir tahun 70 an di negara eropa khususnya Inggris dan Amerika, yang merupakan negara dengan penduduk pendatang (imigran) yang beragam dari berbagai negara.

Berdasar konsep awal, istilah Fusion merupakan kombinasi bahan baku (ingredients) dan cara memasak (method of cooking) antara dua atau lebih makanan yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Pada akhirnya, konsep Fusion melahirkan berbagai inovasi baru dalam dunia Makanan dan Minuman di dunia, dengan kemunculan restoran yang menyajikan berbagai menu baru yang menawarkan pengalaman baru dalam menikmati makanan, dengan cita rasa (taste) yang berasal dari bahan baku (ingredients) yang di gunakan, penampilan (presentation) dan tentunya cara memasaknya dengan mengkombinasikan berbagai budaya dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *