Cake sebagai bagian dari produk bakery memiliki karakteristik yang berbeda dengan produk bakery lainya. Secara definisi cake termasuk dalam produk baked confectionery artinya cake merupakan produk makanan manis yang banyak mengandung gula (confection) yang terbuat dari empat bahan utama yaitu tepung terigu, gula, telur dan lemak yang dalam proses pembuatannya melalui proses pemanggangan. Pengklasifikasian cake sangat luas dan beragam yang dapat di lihat dari berbagai sudut pandang. Berdasar kondisi adonan (batter cake) serta prosentasi lemak yang di gunakan dalam resep, cake di klasifikasikan menjadi 3 yaitu :

1. Pound Cake

Pound cake merupakan cake yang bertekstur padat yang di buat dari 4 bahan utama dengan perbandingan yang sama. Istilah pound cake mengacu pada cake tradisional yang terbuat dari perbandingan yang sama masing-masing bahan yang di gunakan yaitu ; Tepung terigu, gula, telur dan margarine atau butter dengan perbandingan yang sama yaitu 1 lb (pound). Umumnya Pound cake di panggang dengan menggunakan Loyang roti (loaf pan) atau dengan menggunakan Loyang berbentuk “bundt” yaitu Loyang bulat dengan bagian tengah yang berlubang, dan dihias dengan menggunakan topping atau taburan gula halus (icing sugar). Pound cake memiliki variasi yang sangat banyak dan beragam disamping menggunakan 4 bahan utama, sering kali di tambahkan dengan isian dried fruit atau buah kering seperti kismis atau buah cranberry. Disamping penambahan buah-buah kering, perubahan dari resep tradisional yang hanya menggunakan 4 bahan utama dengan penambahan baking powder atau baking soda sebagai bahan pengembang (leavening) dalam adonan, serta perubahan resep dari penggunaan margarine dengan minyak sayur (cooking oil) sehingga akan terbentuk tekstur yang tidak terlalu padat dan lebih basah (moist), masih dapat di katakan sebagai produk pound cake. Di Indonesia jenis pound cake yang paling di gemari adalah jenis pound cake pisang atau cake pisang baik yang menggunakan banana dried powder (pisang berbentuk bubuk) ataupun buah pisang yang di haluskan.

2. Sponge Cake

Jenis cake yang kedua di tinjau dari komposisi bahan yang di gunakan adalah sponge cake. Sponge cake merupakan jenis cake yang secara tradisional memiliki ciri-ciri adonan yang ringan (light), berbusa (foam) dan di kembangkan dengan proses aerasi (memasukkan udara ke dalam adonan melalui proses pengocokan), yang   terbuat dari 3 bahan utama yaitu ; tepung, gula dan telur dengan penambahan cairan, baik dalam bentuk minyak atau margarin cair dalam jumlah kecil. Sponge cake diklasifikasikan sebagai unshortened cake atau cake yang di buat tanpa penambahan fat atau lemak dalam resep dalam prosentase yang besar namun untuk memperoleh efek moist sering kali ditambahkan dengan minyak dalam proporsi yang kecil. Ciri-ciri sponge cake memiliki tekstur yang lebih ringan sebagai akibat proses aerasi (pemasukan udara) dengan menggunakan putih dan kuning telur serta penggunakan baking powder sebagai pengembang (leavening) dalam proses pembuatannya.

3.Chiffon cake

Chiffon cake merupakan jenis cake dari sisi bahan baku yang di gunakan termasuk kategori unshortened cake (cake yang di buat tanpa lemak). Memiliki karakteristik kedua produk yaitu kombinasi cake yang di buat dengan lemak (shortened cake)  dan cake yang terbuat tanpa lemak (unshortened) dengan proses pengadukan terpisah antara putih telur dan kuning telur. Tekstur cake ringan (foamy) dan mengembang di akibatkan pengocokan putih telur dengan atau penambahan cream of tartart dan gula. Di dalam resep yang di gunakan dalam chiffon cake tidak ditambahkan lemak padat, namun ditambahkan minyak sayur atau margarine yang di cairkan untuk memberikan efek moist (basah) pada tekstur  produk. Contoh Produk chiffon yang paling popular adalah chiffon pandan, chiffon orange dan chiffon coklat. Akhir-akhir ini popular dengan chiffon ketan hitam dimana dalam resep di tambahkan ketan hitam sehingga tekstur berwarna hitam ,khas ketan hitam.

Untuk lebih jelas tentang cake akan di bahas tersendiri dalam Buku Cakepreneur yang Insha Allah akan segera di terbitkan…….atau jika berkeinginan untuk referensi karya tulis anda dapat juga di lihat dalam buku A-Z Bakery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *