Sebagaimana sebuah pepatah yang mengatakan innovation or die yang berarti kalau tidak berinovasi sebuah usaha maka akan tertinggal atau bahkan bisa Mati, karena stagnan ditinggal oleh para pelanggannya. Inovasi dalam bahasa Indonesia merupakan sebuah kata yang mudah untuk di katakan, namun kenyataannya tidak mudah untuk di lakukan oleh semua individu atapun siapapun yang berkeinginan untuk berkembang.

Innovation merupakan pecahan dari tiga kata yaitu ; In (dalam), Nova (ciptaan baru) dan Tion yang dapat diartikan sebagai tindakan atau action. Dengan demikian maka Innovation sejatinya adalah perubahan atau tindakan untuk berubah secara terus menerus yang harus dimulai dari dalam atau kerennya perubahan internal yang harus di mulai dari dalam (Inside-out) baik untuk Individu ataupun kelompok dalam perusahaan.

Kenyataannya dalam dunia usaha terutama adalah usaha di bidang Bakery untuk menciptakan sebuah Inovasi dapat di lakukan baik dari dalam ataupun tekanan dari luar “competitor”. Jika hal ini terjadi maka kegiatan inovasi yang dilakukan merupakan jenis inovasi untuk mempertahankan pelanggan yang ada. Sebaliknya jika Inovasi tersebut berasal dalam “Inside-Out” maka dapat di mungkinkan jika berhasil dapat menjadi learder “tren setter” bagi Industry Bakery lainnya.

Sebenarnya untuk membuat sebuah Ide inovasi kita dapat melakukan apa yang di sebut dengan Ideation atau penggalian ide-ide sederhana yang ada di sekitar kita, menggabung-gabungkan dengan kesempatan di luar yang ada, baik saat ini ataupun tren pada masa-masa yang akan datang.

Untuk kasus-kasus produk Bakery kita dapat melakukannya dengan memulai menciptakan produk-produk Bakery bercita-rasa pangan lokal. Pernahkah kita berfikir untuk membuat olahan produk bakery baik itu roti, cake atau cookies yang bercita khas lokal seperti ; tempe, tahu, oncom, gudheg, jamur, salak dan lain sebagainya. Tren produk-produk bakery akhir-akhir ini sangat kental dengan menggunakan produk-produk lokal tersebut. Untuk Cake misalnya dengan tambahan ketan hitam, Cake Pisang, Cake Tape dan lain sebagainya. Cookies dengan berbagai bahan bercita rasa lokal seperti tempe, tahu, Oncom, peyeum, tape ketan dan produk lokal dengan cita khas lainnya.
Cakupan sebuah Inovasi produk sebenarnya sangat luas baik dari sisi penggunaan bahan baku(ingredient), perubahan kemasan, bahkan inovasi dapat juga di lakukan dari aspek pemasarannya. Pembuatan produk dengan sedikit perubahan bentuk dan kemasan yang khusus untuk anak-anak sehingga tercipta sebuah ide “kids corner” adalah salah satu bagian dari sebuah ide inovasi baik dari sisi produk hingga pemasarannya (Product and Market Inovation).

SELAMAT MENEMUKAN KEUNIKAN DALAM PRODUK DAN PASAR YANG ANDA MILIKI……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *