Produk rerotian yang merupakan salah satu produk bakery yang di kenal sehari-hari, umumnya memiliki volume yang besar dengan tekstur yang lembut atau sedikit keras khususnya untuk roti-roti eropa. Di Indonesia jenis roti tersebut sangat popular dan bahkan tiap orang pernah mengkonsumsinya, seperti roti tawar, roti manis dan berbagai jenis roti-roti eropa seperti baguette atau French bread dan lain sebagainya.

Ada salah satu jenis roti yang kita kenal, namun kurang begitu popular yaitu jenis roti yang tidak membutuhkan terlalu besar volume atau bahkan cenderung tidak bervolume. Aneka jenis produk rerotian tersebut di kenal dengan istilah roti datar atau roti pipih kerennya di sebut dengan Flat bread. Flat bread popular di Negara-negara timur tengah, asia selatan dan beberapa Negara eropa. Roti datar merupakan roti yang paling sederhana cara pembuatannya, terdiri dari bahan utama tepung terigu protein tinggi dan air baik dengan tambahan yeast, garam, minyak ataupun tidak. Flat bread merupakan jenis roti yang paling tua karena dahulu kala asal-usul roti merupakan jenis ini. (Lihat buku A-Z Bakery).

Roti datar menjadi sangat terkenal karena sensasi cara pembakaran dan cita rasa yang di hasilkan. Proses pembuatan sangat sederhana dengan cara di campur semua bahan kemudian di ulenin atau di aduk hingga tercampur rata kemudian di pipihkan baik dengan cara di roll ataupun dengan menggunakan tangan. Di Negara-negara asia selatan seperti di India , Pakistan dan Bangladesh roti jenis ini di bakar dalam oven yang terbuat dari tanah liat atau kuali tanah liat yang dikenal dengan nama tandoor. Cita rasa yang terbentuk akan terasa lebih sedap dengan aroma yang khas.

Berdasar dari literature yang di sampaikan dalam majalah kulinologi vol V no 11, tahun 2013 beberapa roti jenis flat bread adalah sebagai berikut :

1. Roti Canai

Roti Canai di kenal dengan berbagai nama seperti Cane, canai atau Maryam. Roti ini terbuat tepung terigu, minyak atau ghee (mentega dari susu kambing), bertekstur tipis seperti martabak, dipipihkan dan di bentuk sanggul cepol. Roti ini di goreng tanpa minyak dan sedikit di hancurkan saat akan di sajikan. Penyajian roti canai sebagai menu utama dengan ditambahkan kuah kare baikkare ayam, sapi atau kambing dan bahkan di sajikan begitu saja dengan taburan gula pasir.

2. Roti Naan
Berdasar asal katanya Naan merupakan bahasa Persia yang memiliki arti roti. Roti jenis ini sangat populer di Bangladesh, Pakistan, India dan Iran. Adonan Naan terbuat dari tepung terigu, yogurt, mentega, garam,telur, gula dan garam. Adonan di pipihkan dan kemudian di bakar di atas wajan dengan sedikit minyak. Naan di gunakan sebagai sarapan dengan kuah kari atau di makan polos bersama kopi atau teh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *