Saya terhentak dengan permintaan sahabat saya, Husin Syarbini untuk memberikan kata pengantar pada bukunya A-Z Bakery. Terhentaknya saya karena beberapa alasan. Pertama, sebagai penerbit pertama majalah bakery di Indonesia, sampai kini saya bersama tim inti secara rutin dan konsisten terus menerbitkan majalah bulanan BAKERY MAGAZINE. Kami punya segudang kisah, informasi dan pengetahuan yang bisa disajikan dalam format buku. Namun, kehadiran buku kami tersebut belum terwujud sampai kini. Maka, kehadiran buku karya Mas Husin ini memang menjadi lecutan semangat bagi kami untuk terus berkarya secara maksimal dalam mengampanyekan usaha bakery di Indonesia. Kedua, saat menelaah isi buku A-Z Bakery, saya terpesona akan kedalaman materi bahasannya, yang sangat penting dipahami oleh para calon usahawan bakery maupun para pengusaha bakery yang sudah eksis. Kedalaman materi yang dibahas mencakup informasi bahan baku, proses produksi, sampai analisis biaya dan usaha yang semuanya merupakan materi penting dalam memulai persiapan usaha bakery, termasuk menjaga agar kelangsungan usaha bakery bisa tercipta. Sebagai konsultan di usaha bakery, saya paham betul berbagai pertanyaan yang hadir dari calon pengusaha ataupun para usahawan bakery pasti berkaitan dengan bahasan yang diungkap dalam buku ini.

Ketiga, buku ini memakai sumber-sumber untuk bahasannya dari berbagai pihak yang kredibel kompetensi dan keakuratannya. Sumber-sumber tulisan menjadi bagian penting dalam membuat materi tulisan yang bermutu, selain tentunya analisis dan gaya penyampaian kembali ke pembaca atas informasi yang disajikan. Memahami bahwa tidak semua pengusaha roti atau calon pengusaha roti berlatar belakang pendidikan tinggi khususnya di bidang teknologi pangan, maka menyajikan materi tulisan yang mudah dicerna akan menjadi faktor penting sehingga nilai buku ini menjadi istimewa di kalangan pembaca yang menjadi sasaran utamanya. Melihat bahwa sampai saat ini di Indonesia belum ada sekolah khusus yang mendidik para baker (profesional di bidang produksi bakery), namun kebutuhan baker profesional justru semakin meningkat pesat seiring dengan bertumbuhnya usaha bakery di tanah air secara masif, maka saya percaya kehadiran buku ini bisa menjadi panduan penting bagi para pelaku usaha bakery dan profesional di bidang bakery. Tanpa panduan yang tepat niscaya kegiatan usaha hanya berjalan dalam kondisi trial & error, yang dalam industri makanan adalah faktor yang harus dihindari karena menyangkut risiko keamanan dan keselamatan jiwa. Belum termasuk risiko usaha yang tentunya tidak murah untuk ditanggung jika mengalami kerugian.

Akhir kata, saya ucapkan selamat dan sukses atas kehadiran buku A-Z Bakery, dan bagi sang penulis, Husin Syarbini, kami harapkan akan terus hadir karyakarya berikutnya yang akan selalu menjadi kompas bagi para usahawan dan profesional di bidang usaha bakery di Indonesia untuk terus maju dalam usaha yang penuh dengan gairah ini.

Ir. Petrus Gandamana, M.M.

Konsultan Senior Bakery di Baking & Chef Center Jakarta, dan Penerbit sekaligus Pemimpin Redaksi BAKERY MAGAZINE, www.bakerymagazine.com

*artikel ini diambil dari Kata Pengantar di buku A-Z Bakery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *