Pada beberapa tahun terakhir bisnis bakery tumbuh pesat, baik bakery untuk kelas atas, menengah, maupun bawah. Hal tersebut antara lain dipicu oleh diterimanya berbagai produk bakery sebagai camilan yang mudah dibawa ke mana-mana; menjadi alternatif dalam kesibukan manusia modern. Pada sebagian masyarakat di kota-kota besar, produk bakery bahkan telah menjadi bagian dari makanan sehari-hari, misalnya sebagai pengganti sarapan.

Pertumbuhan bisnis bakery kerap melebihi bisnis makanan dan minuman lain pada umumnya, karena keunikannya. Tidak sekadar menjadi camilan yang mudah dibawa-bawa dan menjadi alternatif sumber energi, produk bakery juga telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Hal ini terlihat dari maraknya butik-butik bakery di berbagai daerah dengan harga yang tentu tidak bisa dibilang murah. Kunci penting berkembangnya bisnis bakery ini adalah banyaknya inovasi yang dilakukan oleh para baker dalam mengkreasikan aneka bakery, baik dalam hal pemilihan bahan baku yang tepat, proses pembuatan, berbagai alternatif penggunaan bahan baku yang baru, maupun dalam hal penghitungan biaya produksi—untuk mendapatkan harga produk bakery yang sesuai. Perkembangan bisnis bakery yang demikian pesat tentu menarik minat masyarakat untuk menekuni bisnis yang merupakan perpaduan antara teknik dan seni meracik bahan baku makanan menjadi suatu karya produk bakery.

Buku ini menjadi bacaan penting bagi seseorang yang ingin menggeluti bisnis bakery secara mendalam. Sebab, di sini tidak hanya dibahas seputar pengenalan dan karakter berbagai bahan baku produk bakery, namun lebih dari itu juga membahas seputar tip-tip proses pembuatannya, penyajiannya, arah dan tren bisnis bakery, hingga cara benar menghitung biaya pembuatan suatu produk bakery. Buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca karena ditulis berdasar pengalaman pribadi penulis, yang bertahun-tahun mempelajari sekaligus menerapkan ilmu dan teknologi bakery dengan segala aspeknya.

Andang Setiadi

Ahli Kulinologi

@andangsetiad

 

*artikel ini diambil dari Kata Pengantar di buku A-Z Bakery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *